Kamis, 24 November 2011

Makanan Khas Madura

Tahu campur, Kalsot (kaldu soto) dan Es campur.

jajan-madura.jpg
Karena saya besar di Madura jadi wajar kalau saya menghabiskan tahun 2007 lalu di Madura bersama keluarga. Sebenarnya agak bosan untuk balik kesana bagi anak muda seperti saya ini, tapi orangtua memaksa pulang, jadi ya apa boleh buat. Apa yang dititahkan oleh orang tua, anak harus nurut kan?

Kali ini saya tidak bercerita mengenai tempat pariwisata di Madura tepatnya di kota Sumenep. Tapi kali ini boleh dong saya sedikit review kuliner, biar kayak pak Bondan di wisata kuliner gitu.
Kalau di Surabaya makanan lima ribuan adalah makanan yang paling murah, beda halnya di Sumenep Madura. Hanya dengan Rp4.500 RD Lovers bisa menyantap makanan khas Madura yang dinamakan KalSot ( Kaldu Soto ) dan tahu campurnya Pak Abi. Nah buat minumnya, RD Lovers bisa mengeluarkan uang sebesar Rp3.500,- untuk menyantap es campur ala Madura ( tapi bukan milik pak Abi ). Murah kan?
Kalsot adalah makanan khas Madura, kadang ketika saya pulang saya beramai-ramai dengan teman masa kecil pergi makan untuk makan kalsot atau Kaldu Soto ini. Kalsot itu terdiri dari bubur kacang hijau dengan aroma daging yang kental ( soalnya ada kikilnya ) serta di beri semacam apa ya namanya, seperti gorengan ketela di dalamnya dan dicampur dengan sedikit bawang merah dan seledri. Mungkin untuk yang baru pertama kali nyoba atau lihat fotonya agak jijik kali ya. Tapi percaya saya deh, rasanya Top Markotop! Kalau suka pedas, dikasih sambel juga ok kok! Tapi untuk makan ini jangan harap di restoran yang bersih dan nyaman seperti di Surabaya ya.Dari Kalsot kita pindah ke Tahu Campurnya Pak Abi ( sorry saya lupa nama jalannya ).
Kalau di Surabaya banyak sekali kita temui Tahu Campur, nah di Sumenep Madura ini cuman satu ” rumah makan ” yang menjual tahu campur, yaitu Tahu Campur Pak Abi! Sebenarnya pak Abi ini menjual tidak hanya tahu campur saja, tapi juga bakwan dan gado-gado. Tahu Campurnya Pak Abi ini memang khas lho! Yang membuat khas adalah ada bakso kotaknya sebagai isi dari tahu campur itu sendiri selain isi tahu campur yang lain yang biasa kita makan. Nggak tau deh di Surabaya ada nggak yang jual.
Nah habis ngomongin makanan, kita pindah ke minuman! Kalau mau minum es campur ala Madura, RD Lovers tinggal pergi ke alun-alun kota. Disana RD Lovers bisa membeli es campur di tukang es campur keliling yang biasanya mondok di sana. Tapi jangan heran ya ketika membelinya. Soalnya es campurnya beda dengan es campur Surabaya. Warnanya nggak merah muda, tapi putih * soalnya pakai santan* lalu isinya juga biasa saja* maklum kan murah*. Ada nangka, cincau, rumput laut, jelly, serta mirip dawet tapi warnanya merah muda, semangka dan manisan anggur. Masalah kebersihan, jangan khawatir, dijamin halal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar